Kamis, 31 Desember 2015

Pusaka Badik Bugis



Harga: Rp 900,000


Pusaka Badik Bugis

Badik atau badek adalah Pisau dengan bentuk khas yang di kembangkan oleh Masyarakat Bugis dan makassar. Badik bersisi tajam tunggal atau ganda, dengan panjang mencapai sekitar setengah meter. seperti keris, bentuknya asimetris dan bilahnya kerap kali dihiasi dengan pamor. Namun berbeda dari keris, Badik tidak pernah memiliki ganja ( penyangga bilah).

Sejak ratusan tahun silam, badik dipergunakan bukan hanya sebagai senjata untuk membela diri dan berburu tetapi juga sebagai identitas dari suatu kelompok etnis atau kebudayaan. Badik ini tidak hanya terkenal di daerah Makassar saja, tetapi juga terdapat di daerah Bugis dan Mandar dengan nama dan bentuk berbeda. 

Menurut pandangan Orang Bugis Makassar, setiap jenis badik memiliki kekuatan sakti ( gaib). Kekuatan ini dapat mempengaruhi kondisi,keadaan dan proses kehidupan pemiliknya, sejalan dengan itu, terdapat kepercayaan bahwa badik juga mampu menimbulkan ketenangan, kedamaian, kesejahteraan dan kemakmuran ataupun kemelaratan, kemiskinan dan penderitaan bagi yang menyimpannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar